GEOFISIKA UNTUK EVALUASI TANGGUL (EMBANKMENTS) PART 1

Apabila biasanya kita dihadapkan pada pemanfaatan metode geofisika dalam proses eksplorasi, kini kita akan sedikit belajar mengenai kegunaan geofisika alam dunia geoteknik, khususnya untuk mengevaluasi tanggul. Apa itu tanggul ? menurut KBBI tanggul didefinisikan sebagai tambak (pematang besar) di tepi sungai dan sebagainya yang berguna untuk menahan air. Sejak zaman dahulu hingga sekarang tanggul (Dam) telah banyak dimanfaatkan sebagai pengontrol suplai air bersih, pengontrol banjir, maupun untuk keperluan irigasi.

Lalu mengapa tanggul perlu dievaluasi ??

Peranan tanggul yang begitu penting seperti telah dijelaskan sebelumnya serta kerugian besar yang timbul apabila terjadi kegagalan tanggul dalam membendung air merupakan alasan utama diperlukannya evaluasi terhadap tanggul. Kegagalan tanggul dapat diketahui melalui parameter yang didapat dari evaluasi menggunakan geofisika, yaitu adanya rembesan di sepanjang rekahan (fracture) pada bendungan, rongga (cavities), perbedaan kompaksi pada tanggul, dan lain-lain. Terlepas dari metode-metode geoteknik yang ada untuk mengevaluasi keadaan tanggul, metode geofisika dipilih karena keunggulannya yang merupakan non invasive method dan hasilnya yang akurat. Sebelum menerapkan metode geofisika untuk mengevaluasi tanggul perlu diperhatikan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu :

  • Principle of complexity (pemahaman secara fisis terhadap permasalahan yang terjadi)
  • Tahapan dalam proses evaluasi
  • Faktor efisien dan ekonomis

Ketiga faktor tersebut sangat berguna dalam menerapkan metode geofisika apa yang akan digunakan serta tahapan-tahapan apa saja yang perlu dilakukan. Selain itu sangat diperlukan pula kerjasama dengan ahli hidrogeologi dan geologi.

1

Berikut merupakan beberapa penyebab kerusakan tanggul serta kontribusi efek yang ditimbulkan

2

Sedangkan berikut ini adalah klasifikasi penyebab kegagalan tanggul beserta parameter dan metode apa yang dapat digunakan untuk mengevaluasi parameter tersebut

3

Dapat dipahami pada diagram alir di atas bahwa metode geofisika merupakan salah satu dari banyak metode yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi tanggul dan hanya beberapa parameter saja yang bisa didapat.

Berikut juga merupakan salah satu proses terbentuknya kerusakan pada tanggul a-b-c-d :

4

BERSAMBUNG …

DAFTAR PUSTAKA :

Warnana, Dwa Desa. “Geophysics in Engineering Investigations.”  May 2016. PowerPoint presentation.

Penulis : Farid Hendra Pradana – Geofisika ITS

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia

HMGI

Shares