HMGI Menyalurkan Bantuan kepada Korban Bencana Nepal

Sabtu, 25 april 2015 lalu, tercatat telah terjadi gempa bumi hebat di dalam rangkaian gunung Himalaya di Nepal. USGS mencatat gempa ini memiliki magnitude 6.7 dengan kedalaman hanya 16 Km. (dikutip dari pak rovicky dalam rovicky.wordpress.com)

Gempa ini menewaskan lebih dari 7.000 orang per 12 mei 2015 (dikutip dari BBC). Para ahli geologi menyebutkan bahwa gempa yang terjadi di Nepal tepat sebulan lalu tidak terlepas dari pembentukan pegunungan Himalaya. Pegunungan tertinggi di dunia yang terbentuk setelah terjadinya benturan keras antara Kerak Benua Asia dan Kerak Benua India sekitar 10 juta tahun lalu. Hal tersebut mencerminkan bahwa gempa yang terjadi dengan mekanisme seperti yang terjadi 25 april 2015 lalu sudah dimulai sejak 10 juta tahun lalu.

Melihat besarnya bencana alam yang terjadi di Nepal tersebut, kami, Himpunan Mahasiwa Geofisika Indonesia (HMGI) melakukan tanggap bencana dengan menggalang dana yang dibantu oleh 25 Universitas di Indonesia. HMGI tanggap bencana merupakan salah satu program kerja divisi Eksternal HMGI pada periode kepengurusan tahun ini. Secara pandangan, tujuan kami adalah membantu bencana-bencana yang terjadi di dalam negeri terlebih dahulu, namun kala itu kami merasa harus untuk memberikan bantuan, sehingga kami melebarkan sayap untuk membantu bencana korban bencana Nepal.

Senin, 4 Mei 2015, kami mempublikasikan poster HMGI Tanggap Bencana untuk mulai menghimpun dana bantuan dari teman-teman geofisika Indonesia. Poster tersebut kami sebar melalui 25 Universitas di Indonesia serta 5 wilayah regional yang dinaungi oleh HMGI. Selama kurang lebih 2 minggu, kami mengumpulkan dana tanggap bencana ini. Akhirnya, pada 20 Mei 2015 kami berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 8.000.000,-

Dalam HMGI Tanggap Bencana ini, kami bekerja sama dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) untuk menyalurkan dana yang telah terkumpul tersebut. Rabu, 20 Mei 2014 sore, tepat nya pukul 16:28 WIB kami tiba di sekretariat ACT untuk mendonasikan dana yang telah disalurkan melalui HMGI. Rabu sore itu, kami disambut dengan keramahan mas Bagus. Setibanya disana, kami dijelaskan mengenai ACT itu sendiri. Setelah berbincang-bincang dengan staff disana, kami menyampaikan seluruh dana yang dipercayakan kepada kami untuk disalurkan. Mas Bagus  menerima dana ini secara langsung dan menyampaikan perwakilan ucapan terimakasih dari tim ACT kepada seluruh Universitas yang telah membantu penggalangan dana untuk Nepal ini. Setelah dana tersampaikan sesuai amanah yang dipercayakan kepada kami, kami langsung berpamitan untuk kembali melanjutkan rutinitas kami bersama tugas-tugas yang menunggu.

nepal
Kami, Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGI) menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Universitas yang telah berperan membantu kami dalam meringankan beban korban Nepal. Kami tunggu partisipasinya dalam kegiatan HMGI lainnya. Salam HMGI Bangkit bersatu.

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia

HMGI

Shares