EventLaporan

HMGI Roadshow ITG STMKG, Jakarta

ITG 3 OK

Salam Taruna Geofisika !

Assalamualaikum, Selamat Pagi Geofisika Indonesia.

Sabtu, 28 November 2015 kami Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia melakukan kunjungan ke kampus Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Himpunan yang menaungi mahasiswa geofisika di STMKG diberi nama Ikatan Taruna Geofisika yang baru berdiri 2 tahun silam. Pada tahun ini diketuai oleh abang Musa Julius Sihaputar, angkatan 2011. Mengapa demikian ? untuk menempuh pendidikan di STMKG butuh waktu 5 tahun. 4 tahun melaksanakan studi di kelas dan 1 tahun melakukan Praktik Kerja Lapangan di daerah – daerah seluruh Indonesia untuk penempatannya.

Kami HMGI, tiba di Kampus STMKG jam 11.00 WIB. Kemudian kami disambut meriah oleh Taruna Geofisika angkatan 2015 , 2013, pengurus ITG STMKG dan Ketua Himpunan ITG STMKG. Suasana di kampus STMKG akan terasa berbeda dengan kampus – kampus lainya. Disiplin tinggi menjadi kata yang tepat untuk mewakili keadaan di sana. Dimulai dengan menggunakan seragam yang mencerminkan kegagahan seorang Taruna, mengedepankan rasa hormat satu sama lain, dan menjunjung tinggi peraturan yang ada.

“Selamat Pagi dan mohon izin, Senior” menjadi kalimat yang akan sering didengar di lingkungan kampus STMKG. Dan juga penampilan dengan rambut dipotong rapih dengan panjang rambut yang menunjukan tingkatan angkatan Taruna. Menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk Kami HMGI bisa dapat berada di kampus tercinta STMKG ini.

ITG OK

Seperti pada acara Roadshow HMGI sebelumnya, Kami menjelaskan dan menerangkan mengenai HMGI dan kemudian masuk kepada sesi tanya jawab dimana banyak masukan untuk HMGI disertai beberapa pertanyaan yang dapat memberikan gambaran tentang HMGI kepada peserta yang lain. Setelah sesi HMGI, dilanjutkan oleh penjelasan singkat tentang ITG oleh ketua himpunan. Bidang geofisika di STMKG tidak hanya berkecimpung dengan dunia seismologist saja tetapi ilmu geofisika yang dapat berhubungan langsung dengan masyarakat seperti penentuan hilal untuk agama muslim setiap Ramadhan dan Syawal, pengkalibrasian timbangan karena nilai gravitasi setiap saat akan berubah, pelurusan arah kiblat di tempat – tempat ibadah umat Islam, pengkalibrasian jam dengan acuan paling akurat dari Greenwich, dan masih banyak lagi.

ITG 2 OK

Perbedaan inilah yang membuat kami HMGI terus berusaha ingin menyatukan menjadi variasi yang apik di Geofisika. Kami berusaha untuk menjadi fasilitator dimana yang menjadi Anggota Kami dapat membagi pengetahuannya kepada rekan – rekan yang lain seperti contoh program E-Lecture yang dikelola dibawah Divisi Internal HMGI. Dan pada Roadshow HMGI di STMKG ini kami melihat semangat itu, semangat berbagi kepada geofisikawan lainnya. Kami sangat berterima kasih atas sambutannya yang hangat dan segala kesan – kesan menakjubkan di Roadshow HMGI kali ini, Kami selalu tunggu segala kontribusinya untuk HMGI Bangkit bersatu.

ITG 3 OK

Salam,

Taruna Geofisika

Silakan tonton video dokumentasi berikut ini. Video dibuat oleh Panitia dari ITG STMKG.