HMGI Roadshow To UNY: Semangat Sang Pionir

Yogyakarta, menjadi langkah awal Roadshow Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia ditahun 2015 ini. HMGI berkesempatan untuk berkunjung ke Universitas Negeri Yogyakarta, dimana rekan–rekan Geofisika UNY baru saja dilantik sebagai anggota muda HMGI pada Musyawarah Nasional (MUNAS) HMGI 2015 kemarin di Yogyakarta. Pertemuan kami di jadwalkan pada hari Sabtu, 4 April 2015 pukul 15.00 WIB. Sesampai di Sekre HIMAFI (Himpunan Mahasiswa Fisika) UNY, kami disambut ramah dan kami memulai obrolan santai di sekre nyaman tersebut. Awal dari cerita kami adalah perkenalan individu baik dari pengurus HMGI kemudian pengurus dari HIMAFI UNY. Perkenalan yang sangat mengasyikkan, dimana tidak terlalu serius tetapi rasa kekeluargaan yang sangat hangat. Yang membuat kami sedikit terkejut, HIMAFI UNY sendiri ternyata menghimpun tiga penjurusan yang berbeda dimulai dari ilmu fisika murni, pendidikan fisika, dan yang terbaru adalah Geofisika. Bukan sesuatu yang mudah, tetapi ternyata mereka mampu melakukannya. Salut.

Kemudian, kami memulai untuk mengenalkan HMGI dan rencana-rencana HMGI periode 2015/2016 ini. Meskipun HMGI merupakan hal yang baru bagi rekan – rekan UNY, tetapi hal tersebut tidak mengurangi rasa antusias mereka untuk bertanya. Setelah HMGI maka dikenalkan pula serba – serbi HIMAFI UNY kepada kami. Mulai dari pembagian struktur organisasi dan program kerja – program kerja pada satu tahun kepengurusan ke depan. Lalu dilanjutkan oleh mas Khafidh (Fisika UNY, 2011) yang bercerita tentang awal mula dibentuknya peminatan Geofisika. Awalnya adalah sebanyak 13 orang mahasiswa Fisika dari UNY ingin mengajukan Tugas Akhir tentang Geofisika khususnya mengenai Metode non seismik yaitu magnetik, geolistrik dan mikroseismik.   Berangkat dari usulan dan semangat Pioneer – Pioneer muda UNY ini lah, mulai diajukan untuk pembentukan peminatan baru Geofisika.

Setelah berkonsultasi dan memdapat dukungan dari Dosen pembimbing Tugas Akhirnya, mas Khafidh  dan kawan – kawan semakin yakin bahwa ini akan menjadi langkah awal cerita Geofisika di kampus tercinta. Peminatan Geofisika ini baru dapat dimbil pada tahun ke tiga masa perkuliahan. Yang nantinya direncakan untuk konsentrasi Geofisika dibidang kebencanaan. Walaupun Geofisika UNY masih dalam masa pengumpulan mahasiswa – mahasiswanya, tetapi dalam waktu dekat telah direncanakan untuk pengadaan workshop tentang Kegeofisikaan untuk angkatan 2012. Workshop ini direncanakan akan mengusung tema tentang dasar teori metode – metode geofisika, pengolahan data geofisika dengan menggunakan software sampai pada interpretasi dan hasil akhir. Keinginan lain yang ingin diwujudkan rekan – rekan UNY adalah mengikuti fieldtrip dimana dapat melakukan akuisisi data dilapangan secara langsung. Baik untuk mengetahui cara penggunaan alat sampai belajar mendapatkan data yang baik.

Rasa keingintahuan dan semangat dari rekan – rekan kita di UNY seolah mengingatkan kembali akan asal usul terbentuknya HMGI sendiri 20 tahun silam. Sama persis dimana ada beberapa mahasiswa yang sedang melakukan pengukuran dilapangan dengan metode geofisika dan kemudian mengusulkan untuk membuat oraganisasi bidang Geofisika yang mencangkup seluruh Indonesia. Perjuangan yang sampai saat ini kita dapat rasakan manis hasilnya. Perjuangan yang kita sendiri tidak dapat kita rasakan langsung. Lain halnya dengan kita yang memilih program studi hanya dengan klik tombol mouse saat pendaftaran, dan kemudian masuk kuliah yang juga terkadang kita malas untuk melangkahkan kaki ke kampus. Seharusnya disini kita bisa sama – sama belajar lagi.

HMGIRoadshow1
Terimakasih atas kesempatan Roadshow perdana yang memberikan banyak pelajaran dan mengingatkan kami tentang perjuangan. Kami hanya bertukar sebuah momento untuk kenang – kenangan tetapi yang selalu kami ingat tentang sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Sampai Jumpa di Roadshow selanjutnya. Sukses untuk saudara – saudara kami, Geofisika Universitas Negeri Yogyakarta.  Salam HMGI Bangkit Bersatu.

HMGIRoadshow2

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia

HMGI

Shares