Magnetic Field Detector

Metode Geomagnetik adalah salah satu metode dalam geofisika eksplorasi. Metode Geomagnetik ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan benda magnetik yang berasosiasi dengan sumber daya geologi di alam. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, banyak inovasi-inovasi teknologi yang dapat memudahkan kita dalam hal mempelajari sesuatu. Salah satunya aplikasi Magnetic Field Detector. Magnetic Field Detector itu sendiri adalah aplikasi android smartphone yang dapat digunakan untuk mengukur besar medan magnet.

jkm

Magnetic Field Detector adalah aplikasi yang dikembangkan oleh mobile development team. Aplikasi juga memiliki berbagai fitur, yaitu:

  1. Metal Detector: Dengan tes, beberapa logam, yang bisa bereaksi dengan magnet, seperti baja, besi, mereka dapat dideteksi oleh aplikasi ini.
  2. Menunjukkan nilai EMF saat ini, di uT (microTesla)
  3. Vektor dengan (X, Y, Z)
  4. uT / Waktu Grafik
  5. Vibrator Kontrol

Dalam hal pembelajaran tentang metode geomagnetik, aplikasi ini sangat berguna karena dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui bagaimana prinsip dari metode geomagnetik itu sendiri. Untuk aplikasi dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan langkah–langkah berikut:

  1. Siapkan sebuah meja belajar dan beberapa benda seperti besi, magnet, dan penghapus.
  2. Letakkan benda–benda tersebut di bawah meja.
  3. Ukur nilai medan magnet dari atas meja dengan menggunakan aplikasi magnetic field detector.
  4. Akan ada perbedaan nilai antara bagian meja yang berada di atas besi, magnet, dan penghapus.
  5. Jika dihubungkan dengan dengan survey metode geomagnet. Meja yang digunakan bisa berarti surface (pemukaan) sedangkan benda yang ada di bawah meja seperti penghapus, besi, dan magnet itu merupakan anomali medan magnet.

Referensi:

Pratama, Y.A. 2015. Akuisisi Magnetik dan Pengolahan dalam Skala Laboratorium Menggunakan Aplikasi Android “Magnetic Field Detector”. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia

HMGI

Shares