Munas HMGI 2015: Satu Rasa dalam Satu Keluarga

Musyawarah Nasional HMGI adalah forum tertinggi dan paling strategis bagi organisasi Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia. Musyawarah Nasional berwenang menentukan arah organisasi, termasuk diantaranya mengubah Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga jika diperlukan, menyusun program-program terkontekstual, dan menentukan atau memilih pengurus baru. Sebagai forum tertinggi, maka Musyawarah Nasional HMGI penting dalam menentukan arah, warna, dan vitalitas organisatoris HMGI dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Oleh karena itu, acara Musyawarah Nasional HMGI menjadi penting untuk diikuti dan diperhatikan proses maupun hasilnya.

Tahun 2015 ini, Jogjakarta dipilih menjadi tuan rumah terselenggaranya Munas HMGI 2015. Sebelumnya Jogjakarta sudah 2 kali menjadi tuan rumah Munas HMGI, tepatnya pada tahun 1994 dan 2012. Sebagai host dari acara tahunan HMGI ini, UGM, UPN ‘Veteran’ Yogyakarta dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan munas tersebut. Dalam Munas HMGI 2015 terdapat 3 rangkaian acara utama yaitu Geophotography Challenge Competition, Seminar Nasional dan Musyawarah Nasional HMGI 2015.
Seminar Nasional dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2015 di Convention Hall Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dengan tema “Optimizing G&G Roles in Oil and Gas Industry Deveopment”. Seminar yang dihadiri sekitar 260 peserta tersebut tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Teknik Geofisika/Geofisika saja, melainkan dari rumpun ilmu Teknik Geologi, Teknik Geodesi, Teknik Kimia, dan Teknik Perminyakan.

Dalam Seminar Nasional HMGI 2015, tiga pembicara yang ahli dalam dunia eksplorasi dihadirkan, seperti Bapak Andang Bachtiar (Anggota Dewan Energi Nasional), Ibu Rusalida (Senior Geophysicist UTC Pertamina), dan Bapak Dicky Aprillian (Ketua HAGI). Acara dimulai dengan sambutan-sambutan, tarian tradisional dan seminar.

Processed with VSCOcam with c1 preset
Dalam seminar nasional sesi pertama diisi oleh Bapak Andang. Beliau menyampaikan mengenai kondisi energi fossil yang ada di Indonesia. Beliau banyak memberikan motivasi kepada seluruh geosaintis untuk terus belajar dan mengembangkan teknologi eksplorasi. Exploration today, reserve and production tomorrow.

Di sesi kedua Ibu Rusalida lebih banyak bercerita mengenai peran G&G dalam industri perminyakan. Beliau berpesan kepada seluruh peserta seminar “Belajarlah yang tekun, kalau perlu kuliah hingga luar negeri, ambil sebanyak-banyaknya, lalu implemenatsikan untuk membangun negeri.” Dan seminar nasional pun ditutup oleh Bapak Dicky yang juga memberikan gambaran mengenai persaingan dunia kerja untuk geosaintis di Era AEC 2015 ini. Setelah seminar selesai, seluruh delegasi meninggalkan Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menuju Omah Jawi, Kaliurang untuk mengikuti Musyawarah Nasional HMGI 2015.

Acara Musyawarah Nasional HMGi 2015 dimulai dengan pembahasan tata tertib musyawarah yang dilaksanalan pada Jumat malam. Sabtu paginya, seluruh koordinator wilayah HMGI beserta BPP HMGI 2014/2015 melaporkan LPJ yang telah dijalankan selama satu periode kepengurusan. Setelah itu agenda dilanjutkan dengan pembahasan AD/ART. Sidang di hari Sabtu diakhiri dengan agenda mekasisme pemilihan calon Ketua HMGI yang baru dan pemilihan Badan Pengawas HMGI periode 2015/2016.

Pembahasan AD ART_1
Pada hari terakhir dilaksanakan pemilihan Ketua HMGI 2015/2016. Terdapat tiga calon yang diajukan yang diusung oleh himpunannya masing-masing. Ketiga calon tersebut masing-masing diusung oleh UI, UPN, dan UGM. Setelah melalui musyawarah dan pengambilan suara, akhirnya calon dari UGM, Raysita Galuh Dwi Jayanti terpilih sebagai Ketua HMGI periode 2015/2016. Dan pada akhirnya acara Musyawarah Nasional 2015 ini diakhiri dengan city tour ke Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Benteng Vredeburg
Berikut testimoni dari beberapa peserta Munas HMGI 2015.
“Munas HMGI terapi yang pernah saya ikuti. Acara berjalan lancar dari awal sampai akhir. Salut untuk seluruh panitia dan seluruh delegasi himpunan yang mendukung suksesnya acara MUNAS HMGI 2015 ini. Pesan saya untuk rekan-rekan HMGI, Tidak ada kata aku, kamu, atau kalian, yang ada hanya KITA. HMGI ada karena kebersamaan KITA semua. Jaga terus kebersamaan ini untuk HMGI yang semakin jaya, HMGI HMGI HMGI!”Luthfi Naufal, pengurus BPP HMGI 2013/2014

“Musyawarah Nasional di Jogjakarta sangat istimewa. Bukan karena diadakan di daerah istimewa ini, namun menjadi istimewa karena kami dapat melebur bersama dalam satu acara selama beberaa hari. Di MUNAS HMGI 2015 ini saya tidak menemukan teman baru. Namun, saya telah menemukan keluarga baru yang nantinya akan sama-sama membangun bangsa. Munas tahun ini sangat istimewa, istimewa acaranya, istimewa kekeluargaannya.” – Wahyu Kusdyantono, delegasi HMGF UGM.

“Kami sangat berterimahkasih dengan panitia munas tahun ini. Pelaksanaan acaranya berjalan dengan lancar, kami selaku delegasi sangat puas dengan pelayanan dari panita.  Kalau bisa tambah satu hari untuk geowisatanya. Hehehe”Yawan, Koordinator Wilayah HMGI Regional IV 205/2016

“Suatu kebanggaan dan kehormatan menjadi delegasi dari Unsyiah dan dapat ikut serta dalam acara Musyawarah Nasional HMGI 2015. Dalam event tahunan ini, kami bertemu dengan semua himpunan dari seluruh Indonesia. Sulit memang menyatukan pendapat dan pandangan, tapi karena kita memiliki asas kekeluargaan maka segala permasalahan diselesaikan melalui tahap-tahap yang baik tanpa ada kerusuhan. Menjadi satu keluarga dalam satu wadah yaitu HMGI. Munas HMGi 2015 ini memberikan kesan yang mendalam bagi semua delegasi.”Ryan, delegasi dari Teknik Geofisika Unsyiah.

Banyak cerita yang terjadi di Munas, dimulai dari argumentasi saat pembahasan AD/ART hingga canda tawa di tengah angkringan dan jagung bakar. Di Munas tahun ini, HMGI pun mendapatkan saudara baru sebagai anggota, yaitu teman-teman dari Universitas Halu Oleo dan Universitas Negeri Yogyakarta. Munas memang singkat, namun membawa banyak makna; di mana saat Munas, mahasiswa dari seluruh Indonesia sama-sama memiliki visi untuk bersatu sebagai mahasiswa geofisika untuk Indonesia. Semoga dari Munas 2015 ini, tidak hanya dihasilkan surat keputusan-surat keputusan hasil persidangan, namun semangat untuk bersatu dan berjuang bersama HMGI untuk Indonesia.

Terimakasih kepada segenap sponsor; HAGI dan PGN Saka. Dan terimakasih kepada seluruh delegasi Munas HMGI 2015, sampai jumpa di Munas HMGI 2016 di Jakarta!

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia

HMGI

Shares