Pengolahan Data Seismik 2D Menggunakan Software Echos dari Paradigm 14.1

Pada dasarnya pengolahan data seismik menggunakan beberapa software memiliki konsep yang sama hanya tools atau menu yang berbeda. Software Echos 14.1 dioperasikan dengan operating system UNIX/LINUX. Software ini dapat melakukan pengolahan data seismik 2D atau 3D mulai dari geometri hingga migrasi. Langkah awal yang dilakukan adalah klik ikon Paradigm 14.1 pada desktop sehingga muncul jendela utama paradigm session manager. Kemudian pilih menu file dan aktifkan program Echos dengan cara membuka domain/solution klik Seismic Processing and Imaging dan pilih Echos Seismic Processing. Kemudian klik tulisan Echos untuk mengaktifkan program tersebut hingga muncul tanda (x) disamping tulisan Echos.

Logo Paradigm 14.1
Logo Paradigm 14.1
Jendela utama Paradigm 14.1 Session Manager
Jendela utama Paradigm 14.1 Session Manager

Setelah itu membuat project baru untuk mendefinisikan project yang akan dilakukan. Pembuatan project meliputi nama project, server, dan lokasi yang digunakan untuk menyimpan data-data yang dibuat. Setelah semua dibuat langkah selanjutnya adalah membuat line.

Langkah selanjutnya dibagi 3 tahap :

  1. Persiapan Data
  2. Pre-Processing
  3. Main Processing

A. Persiapan Data
Persiapan data merupakan langkah awal sebelum data seismik dapat diolah lebih lanjut oleh Echos. Data mentah yang didapatkan berupa data SEGY dan data geometri.

Data geometri dan data SEGY
Data geometri dan data SEGY

Persiapan data ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu Pembuatan Geometri Data, Perubahan Data SEGY menjadi Data PDS, Penempelan RAW Data Dengan Geometri berikut adalah penjelasannya :

1. Pembuatan Geometri Data.
Tools yang digunakan pada pembuatan geometri data adalah spreadsheet. Spreadsheet merupakan proses memasukan informasi geometri pada data seismik ke dalam project line yang telah dibuat. Pilih menu spreadsheet pada jendela echos, maka akan mucul jendela spreadsheet-survey yang nantinya akan diisi data geometri dengan beberapa mode. Terdapat 5 mode yang akan dilakukan pada tahap pembuatan geometri yaitu mode station, mode shot, mode relation, mode pattern dan mode CDP.

Selengkapnya:

Penulis: Rizki Rahmandani Geofisika ’12 Universitas Gadjah Mada

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia

HMGI

  • anonymous

    Apakah ada tutorial cara install softwarenya? soalnya gak nemu packagenya
    “sudo apt-get install Paradigm” / “sudo apt-get install Echos” unable to locate package paradigm

Shares