PERHITUNGAN NILAI TOC (TOTAL ORGANIC CONTENT) MENGGUNAKAN TEKNIK Δ LOG RESISTIVITY

Source rock merupakan salah satu komponen dari petroleum sistem dengan wujud biasanya berupa lapisan shale dan lime-mudstone yang secara signifikan mengandung material organik yang dikenal sebagai Total Organic Carbon (TOC). Kandungan TOC yang tinggi menunjukkan batuan cukup mampu untuk menghasilkan hidrokarbon, sedangkan kandungan TOC yang rendah tidak dapat menghasilkan hidrokarbon.

 

Tabel 1. Kuantitas dan kualitas material organik

C1

Selain TOC, kualitas source rock juga dapat dilihat melalui S2 (material prospek hidrokarbon). Lapisan non source rock juga mengandung material organik namun tidak signifikan (biasanya < 1wt.%). Pada umumnya, metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kekayaan (richness) dan tingkat kematangan source rock (maturity) dilakukan melalui analisa laboratorium seperti analisa Total Organic Carbon (TOC), vinite reflectance, gas kromathograpi, serta diskripsi kerogen.

Untuk mempelajari respon well log terhadap nilai TOC dapat dilakukan dengan teknik Δ log R. Teknik Δ Log R dapat diketahui dengan memerhatikan separasi dan non-paralelisme dari dua kurva yaitu kurva resistivitas dan log sonic. Dari kurva tersebut, kurva log resistivitas dan log sonic yang overlay dinamakan sebagai baseline. Baseline ini menunjukkan keadaan “zero TOC” atau tidak ada keberadaan TOC (Passey, 1990).

C2

Gambar 1. Ilustrasi teknik Δ Log R

 

Nilai Δ Log R didapatkan melalui persamaan :

C3

Separasi Δ Log R ini memiliki hubungan yang linear pada kandungan TOC yang terdapat pada source rock serta kematangan material organic (LOM). Persamaan yang digunakan untuk menghitung nilai TOC pada teknik ini adalah sebagai berikut:

C4

dimana TOC adalah Total Organic Carbon, dan LOM adalah level of organic maturity (Passey, 1990). Batuan induk disebut matang (mature) apabila memiliki nilai LOM 7 hingga LOM 12. Jika kurang dari LOM 7 maka dapat disebut bahwa batuan induk tersebut belum matang (imature), dan jika memiliki nilai LOM lebih dari 12 maka dapat disebut batuan tersebut terlalu matang (over mature).

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

          Karlina, Dwi Ayu. 2016. Zonasi Total Organic Carbon (TOC) dan S2 pada Source Rock dengan Teknik δ Log Resistivity dan Inversi Acoustic Impedance pada Formasi Talang akar,Sub Cekungan Cipunegara-Jawa Barat. Tugas Akhir. ITS

          Passey, Q.R, Creany, S., Kulla, J.B., Moretti, F.J., dan Stroud, J.D. 1989. Well Log Evaluation of Organic-Rich Rocks. 14th  International Meeting on Organic Geochemistry, Paris, abstrak 75.

          Passey, Q.R, Creany, S., Kulla, J.B., Moretti, F.J., dan Stroud, J.D. 1990. A Practical Model for Organic Richness from Porosity and Resistivity Logs. American Association of Petroleum Geologists Bulletin V.74 No.12.

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia

HMGI

Shares