PERSAMAAN EMPIRIS PARAMETER GEOTEKNIK DAN GEOFISIKA

(EMPIRICAL CORRELATION OF SHEAR WAVE VELOCITY AND N-SPT VALUE FOR JAKARTA)

 

PENDAHULUAN

            Dalam paper ini diteliti mengenai hubungan antara data geofisika kecepatan geser (Vs)  dengan data geoteknik (N-SPT) secara kuantitatif (empiris) menggunakan regresi statistik pada 234 pasang data VS dan N-SPT dari berbagai macam proyek bangunan di Jakarta. Kemudian formulasi yang didapatkan akan dibandingkan dengan formulasi yang telah ada sebelumnya. Dengan rumusan empiris ini diharapkan dapat diketahui nilai Vs apabila hanya dimiliki data N-SPT nya saja.

 

PENGAMBILAN DATA

            Pengambilan data dilakukan pada 22 lokasi dengan dilakukan pengukuran standart penetration test dan shear-wave velocity pada setiap lokasinya yang merupakan satu lubang bor yang sama (gambar 1)

B1

Gambar 1. Lokasi Pengukuran

Tes SPT dilakukan bersamaan dengan boring dengan interval pengambilan data tiap 1,5 sampai 2m. Resistansi dari tanah direpresentasikan dengan nilai N-SPT. Sedangkan pengukuran seismic downhole dilakukan tiap interval 1m.

B2Gambar 2. Pengambilan data Vs

RUMUS EMPIRIS YANG SUDAH ADA

B3Gambar 3. Rumus empiris yang telah diteliti

Berbagai macam persamaan empiris mengenai hubungan antara Vs dan N-SPT telah dikemukakan oleh para peneliti sebelumnya. Persamaan-persamaan tersebut memiliki perbedaan yang signifikan dan paling utama adalah perbedaan kondisi geologi daerah penelitiannya.

 

PERBANDINGAN ANTAR RUMUS EMPIRIS

B4Gambar 4. Data pada titik ID 11

B5

Gambar 5. Regresi data

Berdasarkan data yang diperoleh maka dilakukan regresi sehingga didapatkan persamaan empiris berikutB6

Dapat pula dibandingkan hasil dari rumus empiris yang telah diperoleh dengan rumus-rumus emiris sebelumnya seperti gambar 6

B7

Gambar 6. Perbandingan Hasil

Nampak bahwa hanya terdapat sedikit sekali perbedaan hasilnya.

 

KESIMPULAN

  • Didapatkan persamaan empiris yang menghubungkan parameter Vs dan N-SPT pada studi kasus tanah Jakarta
  • Hasil perbandingan dengan rumus empiris lainnya menunjukkan adanya perbedaan yang dimungkinkan oleh perbedaan kondisi geologi dan teknis pengambilan data.

DAFTAR PUSTAKA :

          Fauzi, A. dkk. 2014. EMPIRICAL CORRELATION OF SHEAR WAVE VELOCITY AND N-SPT VALUE FOR JAKARTA. International Journal of GEOMATE vol :7, pp :980-984. Jepang

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia

HMGI

Shares