EventLaporan

Semangat Bersatu: Roadshow HMGI ke UIN Alauiddin Makassar

Ewako Makassar! Setelah Yogyakarta, kini giliran Makassar menjadi tujuan selanjutnya Roadshow Himpunan mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGI) 2015, tepatnya di Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin) Makassar.

Ewako Makassar! Setelah Yogyakarta, kini giliran Makassar menjadi tujuan selanjutnya Roadshow Himpunan mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGI) 2015, tepatnya di Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin) Makassar. Dalam kesempatan bertemu dengan teman-teman dari HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Fisika UIN Alauddin Makassar ini, turut serta berpartisipasi tujuh orang anggota HMGI yang terdiri dari pengurus pusat dan pengurus Regional 5. Acara Roadshow berlangsung pada hari Jum’at, 2 Oktober 2015 pukul 10.30 WITA, bertempat di Lecturer Theater (LT) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Acara Roadshow kali ini bersifat sedikit lebih formal dibanding Roadshow sebelumnya, karena dirangkaikan dengan pengenalan jurusan Fisika oleh Ketua Jurusan Fisika UIN Alauddin Makassar.

Perlu diketahui bahwa Jurusan Fisika di UIN Alauddin Makassar terbilang masih baru. Terbentuk pada tahun 2005 bersamaan dengan perubahan status kelembagaan dari Institut menjadi Universitas. Walaupun usianya yang masih muda, tetapi semangat mereka untuk terus mengembangkan Jurusan Fisika terutama Geofisika bisa dikatakan luar biasa. Melalui HMJ mereka terus membangun relasi dengan lembaga lain untuk mengembanngkan keilmuan mereka. Saat ini, jurusan Fisika UIN alauddin memiliki lima bidang peminatan, namun hanya dua diantaranya yang populer dikalangan mahasiswa Fisika UIN Alauddin Makassar yaitu Fisika Medic dan Geofisika.

Tiba dilokasi acara, kami disambut hangat oleh Ketua HMJ Fisika UIN bersama teman-teman Fisika UIN lainnya. Yang menarik adalah kegiatan ini tidakhanya diikuti oleh pengurus HMJ. Namun, mahasiswa baru angkatan 2015 juga ikut hadir dalam kegiatan ini. Antusias dari teman-teman di HMJ Fisika UIN Alauddin terlihat ketika kami memasukiruang LT, hamper semua kursi yang ada di LT terisi penuh. Antusias dari teman-teman inilah yang membuat kami semakin bersemangat untuk memperkenalkan HMGI kepada mereka.

Mengawali Roadshow, kami memulainya dengan mengenalkan masing-masing anggota HMGI yang hadir pada acara tersebut. Dilanjutkan dengan mengenalkan HMGI , mulai dari sejarah HMGI, system keanggotaan serta syarat menjadi anggota, structural pengurus hingga pada program dan rencana kerja HMGI periode 2015/2016, termasuk menjadikan HMJ Fisika UIN Alauddin sebagai anggota baru di HMGI. Mendengar rencana tersebut, mereka menunjukan tanggapan yang positif dan serius terhadap rencana tersebut. Bahkan di sesitanya jawab, salah satu peserta menanyakan waktu dan tempat pelaksanaan untuk MUNAS HMGI berikutnya yang menjadi syarat bagi mereka untuk dapat bergabung dengan HMGI. Semangat yang mereka tunjukkan ini membuat kami tidak sabar ingin melihat mereka berada di MUNAS HMGI ke XX di Jakarta nanti. Di akhir dari acara tak lupa kami mengabadikan momen yang berharga ini. Acara kemudian ditutup dengan persembahan lagu dari salah satu mahasiswa angkatan 2015.

Roadshow HMGI

Terima kasih kami ucapkan kepada teman-teman HMJ Fisika UIN Alauddin atas kesempatannya untuk mengadakan Roadshow kali ini. Kami tentunya menantikan kesempatan bertemu di MUNAS HMGI ke XX untuk menjadikan kalian bagian dari keluarga besar HMGI, untuk memperluas solidaritas dari mahasiswa geofisika Indonesia, dan bersama membangun Geofisika Indonesia. Sukses terus untuk HMJ Fisika UIN Alauddin. Salam HMGI Bangkit Bersatu!

Penulis: Faizal Addi