-

: secretariat@hmgi.or.id 085782105655 Gedung A FMIPA UI, Kampus UI Depok, Depok 16424
HMGI
SHARE :

Trigger #4 Pemanfaaatan Energi pasang surut (Ocean Tide) sebagai EBT (Energi baru Terbarukan)

2
04/2022
Kategori : Education / Trigger
Komentar : 0 komentar
Author : admin@hmgi.co.id


Trigger #4  Pemanfaaatan Energi pasang surut (Ocean Tide) sebagai EBT (Energi baru Terbarukan)

Pasang surut air atau disebut juga ocean tide adalah suatu fenomena pergerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala akibat adanya gaya gravitasi antara bumi dan bulan serta matahari yang menyebabkan gaya tarik menarik dari benda-benda astronomi terutama oleh matahari, bumi, dan bulan.

Energi pasang surut (Tidal Energy) merupakan energi baru yang terbarukan. Prinsip kerjanya sama dengan pembangkit listrik tenaga air, dimana air dimanfaatkan untuk memutar turbin dan mengahasilkan energi listrik. Energi diperoleh dari pemanfaatan variasi permukaan laut terutama disebabkan oleh efek gravitasi bulan, dikombinasikan dengan rotasi bumi dengan menangkap energi yang terkandung dalam perpindahan massa air akibat pasang surut. Energi pasang surut didapatkan dengan menggunakan berbagai teknologi seperti tidal barrages, tidal fences, dan tidal turbines.

 
  • Tidal barrages
    Teknologi dengan prinsip yang berkerja seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dimana harus terdapat bendungan (barrage). Tidal barrages bekerja saat air laut mulai pasang lalu mengisi bendungan dan saat air laut surut membuka pintu air. Dengan perbedaan kedua arah, air yang bergerak akan menghasilkan gaya untuk memutar bilah turbin untuk menghasilkan energi listrik.
  • Tidal fences
    Bentuk lain dari tidal stream technology dengan prinsip seperti turbin angin atau pembangkit listrik tenaga angin yang berada di bawah permukaan air dan biasanya dibangun antara pulau -pulau kecil atau antara daratan dan pulau — pulau yang memiliki arus deras. Tidal fences digunakan di daerah yang berarus sehingga turbin akan berputar dan menghasilkan energi listrik.
  • Tidal Turbines
    Teknologi yang menggunakan turbin individu yang diletakkan di tempat dengan pasang surut yang kuat. Tidal turbines menangkap dan mengonversi energi kinetik pada air laut akibat pasang surut, sama dengan bagaimana turbin angin menangkap energi angin. Air memiliki densitas 830 kali lebih besar dari udara sehingga mampu menghasilkan listrik pada kecepatan yang lebih rendah dari turbin angin. Saat pasang surut bergerak, air laut mendorong turbin dan mengubah turbin menjadi generator sehingga menghasilkan energi listrik.

Energi pasang surut memiliki potensi sebagai energi terbarukan yang besar. Energi tersebut lebih dapat diandalkan daripada energi terbarukan yang lainnya dikarenakan lebih efisien dan memiliki masa hidup yang lebih lama. Oleh karena itu, energi pasang surut memiliki pola yang lebih mudah untuk diprediksi daripada sumber energi terbarukan yang lainnya sehingga memiliki kelebihannya tersendiri seperti mudah diprediksi, berenergi bersih atau tidak mengeluarkan gas rumah kaca selama melakukan produksi listrik, menghasilkan output tenaga yang besar dan memiliki ketahanan yang lama. Namun, energi pasang surut juga memiliki beberapa kekurangan jika ingin dimanfaatkan dalam pembangkit listrik tenaga pasang surut seperti biaya pembangunan yang mahal dan masih memiliki efek buruk pada lingkungan khususnya pada ekosistem laut disekitarnya.

Referensi:

Husseini, Talal. 2018. Riding the Renewable Wave: Tidal Energy Advantages and Disadvantages. https://www.power-technology.com/features/tidal-energy-advantages-and-disadvantages/

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 2016. (RENSTRA) Rencana Strategis Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi 2015–2019. http://ebtke.esdm.go.id/post/2016/04/13/1186/rencana.strategis.renstra.ditjen.ebtke.2015-2019

Lane, Catherine. 2020. Tidal Energy Pros and Cons. https://www.solarreviews.com/blog/tidal-energy-pros-and-cons

Listrikinfo. 2020. Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Tidal. https://listrikindonesia.com/mengenal_pembangkit_listrik_tenaga_tidal_4869.htm

 

Berita Lainnya

3
04/2022
2
04/2022
TRIGGER #8 MICROSEISMIC MONITORING
Author : admin@hmgi.co.id
2
04/2022
2
04/2022
TRIGGER #5 POTENSI AIRBORNE GRAVITY
Author : admin@hmgi.co.id


Tinggalkan Komentar