-

: secretariat@hmgi.or.id 085782105655 Gedung A FMIPA UI, Kampus UI Depok, Depok 16424
HMGI
SHARE :

Trigger Eps 12: Multichannel Analysis of Surface Waves (MASW) untuk Identifikasi Jenis Tanah Bawah Permukaan

19
01/2021
Kategori : 2020/2021 / Article / Education / News / Trigger
Komentar : 0 komentar
Author : admin@hmgi.co.id


Trigger Eps 12: Multichannel Analysis of Surface Waves (MASW) untuk Identifikasi Jenis Tanah Bawah Permukaan

Source: http://www.ocsa-geofisica.com/

Multichannel Analysis of Surface Waves (MASW) adalah salah satu bagian dari pemanfaatan metode seismik yang digunakan untuk mengevaluasi kecepatan gelombang geser (Vs) dari material bawah permukaan melalui prinsip penjalaran gelombang yang bersifat dispersi pada gelombang permukaan Rayleigh atau biasa disebut dengan groundroll. Gelombang ini dihasilkan dari sumber aktif yaitu berupa pukulan palu terhadap tatakan besi pada lokasi sumber. Pada saat perekaman data, umumnya metode ini menggunakan beberapa alat diantaranya: palu dan tatakan besi sebagai sumber gelombang, geophone sebagai penerima gelombang (umumnya digunakan 24 buah geophone), kabel data dan kabel take out, seismograf dengan perangkat akuisisi dan analisis data, serta aki sebagai sumber arus. Selain didapat dari proses akuisisi, MASW juga bisa didapat dari ekstraksi kurva dispersi dan inversi kurva dispersi. Output dari metode ini nantinya adalah berupa profil kecepatan gelombang geser (Vs) 1D.

Source: http://www.masw.com/

Gelombang permukaan Rayleigh memiliki sifat dispersi, yang berarti kecepatan fasa gelombangnya bergantung pada frekuensi gelombang. Gelombang dengan frekuensi tinggi memiliki panjang gelombang yang pendek sehingga akan merambat hingga kedalaman yang dangkal dengan kecepatan rendah. Sebaliknya, gelombang dengan frekuensi rendah memiliki panjang gelombang yang panjang sehingga akan merambat hingga kedalaman yang lebih dalam dengan kecepatan yang lebih tinggi. Keuntungan dari sifat dispersif ini dimanfaatkan untuk mengidentifikasi ketebalan lapisan yang bersesuaian dengan kecepatan gelombang gesernya sehingga dapat diperoleh profil Vs.

Kelebihan survei MASW dibanding survei lainnya adalah dapat dilaksanakan dengan lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah karena tidak memerlukan lubang bor. Survei ini juga tidak terganggu oleh adanya jalur pipa maupun struktur lain di dalam tanah. Memiliki kemampuan untuk  menggambarkan profil Vs terhadap kedalaman secara kontinyu. Selain itu juga memiliki rasio sinyal-bising (signal to noise, S/N) yang lebih baik dikarenakan gelombang permukaan memiliki amplitudo yang lebih besar dibanding gelombang badan (reflection test, refraction test) sehingga tidak ada masalah untuk dilakukan pada daerah dengan tingkat kebisingan tinggi (daerah perkotaan dan industri), meskipun demikian, jika menghindari daerah bising maka hasilnya akan lebih baik. 

Source: http://www.masw.com/

Hasil sebaran profil Vs ini nantinya akan digunakan untuk interpretasi klasifikasi jenis tanah bawah permukaan dengan mengacu pada peraturan SNI 1726-2012 mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung dan Non Gedung. Survei ini banyak diaplikasikan untuk design bangunan tahan gempa, karena Vs merupakan parameter penting yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kekakuan lapisan paling atas tanah. Selain itu, Vs juga menjadi parameter vital dalam menentukan potensi likuifaksi dan penilaian amplifikasi tanah (Chang, 2004). Dengan kata lain, Vs juga merupakan parameter penting dalam analisis respon dinamis tanah terhadap gelombang gempabumi (Luna, 2012).

Selain untuk identifikasi jenis tanah bawah permukaan, metode ini juga bisa diaplikasikan dalam bidang lain diantaranya:

  • Geological mapping
  • Perhitungan modulus elastisitas dan sifat tanah
  • Identifikasi lapisan tanah keras
  • Vs30 calculated for Seismic Site Classification (National Building Code)
  • Calculating soil damping ratios
  • Mapping voids
  • Compaction evaluation
  • Grouting evaluation, dll

Source: Badan Standardisasi Nasional, 2012

Referensi:

Badan Standardisasi Nasional, 2012. Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan non gedung. s.l.:s.n.

Chang, et all, 2004. The use of Masw Method in the Assessmentof Soil Liquefaction Potential. Taiwan: s.n.

Indanartha, N. G., Warnana, D. D. & Widodo, A., 2018. APLIKASI METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW) SEBAGAI EVALUASI TAPAK LOKAL SURABAYA. Jurnal Geosaintek, 4(2), pp. 63-70.

Luna & Jadi, H., 2000. Determination of dynamic soil properties using geophysical methods. First Int. Conf. Appl. Geophys. NDT Methodol. to Transp. Facil. Infrastruct., pp. 1-15.

Muzli, et al, 2016. PENGUKURAN VS30 MENGGUNAKAN METODE MASW UNTUK WILAYAH YOGYAKARTA. JURNAL METEOROLOGI DAN GEOFISIKA, 17(1), pp. 25-32.

Park Seismic LLC, n.d. Multichannel Analysis of Surface Waves (MASW). [Online]
Available at: http://www.masw.com/WhatisMASW.html
[Accessed 18 Januari 2021].

Berita Lainnya

3
04/2022
2
04/2022
TRIGGER #8 MICROSEISMIC MONITORING
Author : admin@hmgi.co.id
2
04/2022
2
04/2022
TRIGGER #5 POTENSI AIRBORNE GRAVITY
Author : admin@hmgi.co.id


Tinggalkan Komentar