-

: secretariat@hmgi.or.id 085782105655 Gedung A FMIPA UI, Kampus UI Depok, Depok 16424
HMGI
SHARE :

Trigger Eps 15: Gempa Bumi dan Ceritanya

11
03/2021
Kategori : 2020/2021 / Article / Education / News / Trigger
Komentar : 0 komentar
Author : admin@hmgi.co.id


Trigger Eps 15: Gempa Bumi dan Ceritanya

Sumber: https://www.americangeosciences.org/critical-issues/faq/why-and-where-do-earthquakes-happen

Apa itu gempabumi?

Batuan yang menyusun bumi penuh dengan retakan, dan dari beberapa retakan ini (yang biasanya kita sebut dengan patahan), batuan lepas satu sama lain saat kerak bumi menata ulang dirinya dalam proses yang kita kenal sebagai lempeng tektonik. Tapi proses batuan tadi tidak semudah itu terjadi, bebatuan yang kaku, kasar, dan banyak mendapat tekanan dari bebatuan diatasnya. Oleh karena itu, batuan dapat menarik dan mendorong satu sama lain di kedua sisi patahan dalam jangka waktu yang panjang tanpa bergerak sama sekali, yang akan menimbulkan tekanan yang besar pada batuan. Saat batuan melepaskan satu sama lain, dan bergerak secara tiba-tiba, juga melepaskan tekanan yang besar dan mengirimkan gelombang melalui batuan disekitarnya. Goncangan dan gelombang inilah yang kita sebut gempabumi.

Dimana gempabumi terjadi?

Sumber: https://www.americangeosciences.org/critical-issues/faq/why-and-where-do-earthquakes-happen

Lebih dari 90% gempabumi, termasuk yang terbesar dan paling merusak, terjadi di atau dekat dengan batas lempeng, dimana subdivisi lempeng kerak bumi dan mantel atas bergerak ke arah berdampingan atau menjauh satu sama lain. Sebagian besar pergerakan lempeng terjadi pada batas-batas ini, sehingga gempabumi yang jauh dari batas ini jauh lebih jarang terjadi.

Beberapa gempabumi, yang dikenal dengan gempabumi “induksi”, dapat disebabkan oleh aktivitas manusia. Kegiatan tersebut meliputi pengisian waduk untuk penyediaan air dan produksi energi hidroelektrik; ekstraksi air tanah, minyak atau gas; injeksi air bawah tanah untuk produksi energi panas bumi; dan injeksi air limbah bawah tanah dari industri minyak dan gas.

Mengapa gempabumi penting?

Gempabumi besar menimbulkan ancaman besar pula. Banyak kerugian yang terjadi akibat gempabumi ini, salah satunya adalah gempa bumi pada Samudera Hindia pada tahun 2004 yang menyebabkan tsunami di Aceh yang menelan kerugian yang besar, juga banyak memakan korban jiwa, dan juga peristiwa gempa bumi lainnya.

Bisakah Gempabumi diprediksi?

Sumber: https://www.usgs.gov/natural-hazards/earthquake-hazards/early-warning?qt-science_support_page_related_con=0#qt-science_support_page_related_con

Perkiraan gempa dapat dibuat, dengan memberikan probabilitas bahwa gempabumi dengan ukuran tertentu atau lebih besar akan terjadi di suatu daerah (misalnya Jawa Barat) selama jangka waktu tertentu. Namun, jangka waktu ini biasanya beberapa dekade atau lebih, dan prakiraan hanya memberikan informasi tentang kemungkinan suatu peristiwa terjadi dalam jangka waktu (besar) itu, bukan kepastian apakah itu akan terjadi atau tidak.

Ilmuwan sedang mengerjakan sistem peringatan dini gempabumi Earthquake Early Warning (EEW) Sistem EEW tidak dapat memprediksi gempabumi, tetapi mendeteksi gempa setelah dimulai dan dengan cepat mengirimkan peringatan ke daerah-daerah yang belum terjangkau gempa. Sistem semacam itu dapat memberikan peringatan mulai dari beberapa detik hingga menit, memberikan waktu bagi orang-orang untuk bersiap dan berlindung. Sistem EEW sudah beroperasi di beberapa negara termasuk Jepang dan Meksiko.

Bagaimana geosains membantu menginformasikan keputusan tentang bahaya gempabumi?

Ahli geosains mengukur gempabumi untuk menentukan di mana gempa itu terjadi dan menentukan bahaya gempa jangka panjang yang mungkin dihadapi suatu daerah. Pemahaman tentang potensi bahaya gempa sangat penting untuk perencanaan kota dan desain bangunan dan infrastruktur tahan gempa. Ahli geologi juga mengembangkan sistem peringatan dini gempa bumi untuk memberikan peringatan dini beberapa detik hingga menit setelah gempa terdeteksi.

 

References:
Where Earthquakes Occur U.S. Geological Survey

Earthquake Early Warning (Webpage), U.S. Geological Survey
Basic overview of earthquake early warning systems, which provide seconds to minutes of warning about an earthquake after it has occurred

The Significant Earthquake Database, NOAA National Geophysical Data Center, https://www.ngdc.noaa.gov/nndc/struts/form?t=101650&s=1&d=1

Berita Lainnya

3
04/2022
2
04/2022
TRIGGER #8 MICROSEISMIC MONITORING
Author : admin@hmgi.co.id
2
04/2022
2
04/2022
TRIGGER #5 POTENSI AIRBORNE GRAVITY
Author : admin@hmgi.co.id


Tinggalkan Komentar